Pengenalan Manajemen Proyek

Apa itu Proyek?

  • Proyek adalah usaha sementara yang dilakukan untuk menghasilkan produk, layanan, atau hasil yang unik.*
  • Operasi adalah pekerjaan yang dilakukan untuk mempertahankan bisnis.
  • Proyek berakhir ketika tujuannya tercapai, atau proyek telah diakiri.
  • Proyek bisa besar atau kecil dan memerlukan waktu singkat atau lama untuk diselesaikan.

Apa itu Manajemen Proyek?

Manajemen proyek adalah penerapan pengetahuan, keahlian, alat bantu dan tehnik pada aktivitas proyek untuk memenuhi kebutuhan proyek.*

 Manajemen Proyek diperlukan:

  • Supaya target tercapai
  • Ingin melakukan perubahan, dan atau pengembangan
  • Memerlukan kecepatan (not business as usual)
  • Ketika dibutuhkan Lintas sektoral, karena tdk dapt dilakukan melalui birokrasi organisasi yg ada.
  • Untuk mendukung pelaksanaan rencana strategik
  • Memerlukan terobosan.

Atribut Proyek

Proyek memiliki atribut yang menjadi sifat dari khas dari proyek diantaranya:

  • memiliki tujuan unik,
  • bersifat sementara,
  • dikembangkan menggunakan elaborasi progresif,
  • memerlukan sumberdaya, seringkali dari berbagai area,
  • harus memiliki pelanggan atau sponsor utama.
  • Spronsor proyek biasanya menyediakan arahan dan dana untuk proyek.
  • bersifat tak tentu.

 

Tiga Batasan Proyek

Setiap proyek memiliki batasa yang berbeda-beda dalam:

  • Sasaran lingkup: Pekerjaan apa yang akan dilakukan?
  • Sasaran waktu: Berapa lama harus diselesaikan?
  • Sasaran biaya: Berapa biayanya?

Tugas manajer proyek adalah untuk menyeimbangkan ketiga sasaran yang seringkali saling bersaing ini. Manajemen proyek yang berhasil berarti memenuhi ketiga sasaran (lingkup, waktu, dan biaya) dan memuaskan sponsor proyek.

Siklus Hidup Proyek

Secara garis besar siklus hidup proyek dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu:

1.    Tahap Konsepsi
2.    Tahap Perencanaan
3.    Tahap Eksekusi
4.    Tahap Operasi

Kriteria Sukses Proyek

1.  Menentukan definisi tujuan (goal definition) yang jelas
2. Hasil dari proyek tersebut dapat diterima oleh pelanggan
3. Komitmen yang kuat pada suatu proyek
4. Cakupan (Scope) proyek yang digarap sewajarnya
5. Biaya yang dikeluarkan ketika proyek terselesaikan tidak jauh dari rencana awal
6. Kualitas yang baik
7. Ketrampilan sumber daya manusia
8. Komunikasi yang baik
9. Resiko yang ditimbulkandari sebuah proyek kecil
10. Yang terakhir hasil dari sebuah proyek diharapkan tidak menimbulkan suatu permasalahan baru

Print Friendly, PDF & Email