Pohon Keputusan

Pohon keputusan adalah pemetaan mengenai alternatif-alternatif pemecahan masalah yang dapat diambil dari masalah tersebut. Pohon keputusan memperlihatkan faktor-faktor kemungkinan yang akan mempengaruhi alternatif-alternatif keputusan tersebut, disertai dengan estimasi hasil akhir yang akan didapat bila mengambil alternatif keputusan tersebut.

Manfaat pohon keputusan adalah kemampuannya untuk mem-break down proses pengambilan keputusan akan lebih menginterpretasikan solusi dari permasalahan.

Konsep dasar pohon keputusan

Contoh Pohon Keputusan Pada Perusahaan Kursus Pendidikan Bisnis.

Lembaga pendidikan A memiliki sebuah program kursus pendidikan bisnis berdurasi 2 bulan dengan harga senilai Rp 12,500,000. Untuk dapat memenuhi kuota setiap angkatan, perusahaan mencoba berbagai strategi marketing dalam beriklan, salah satunya menggunakan FB Ads untuk menjangkau target pasar yang spesifik dan sesuai.

Kemudian Perusahaan merencanakan untuk menggunakan FB Ads se

Rencana Perusahaan yaitu sebagai berikut :

    • Apabila perusahaan menggunakan iklan FB Ads, maka perusahaan diprediksi akan mendapatkan peningkatan penjualan sebesar 70% yaitu senilai Rp 175,000,000. Sedangkan adapula kemungkinan sebesar 30% perusahaan tidak dapat meningkatkan penjualannya meskipun menggunakan FB Ads sehingga tidak mendapatkan pendapatan sama sekali (0)
    • Apabila perusahaan tidak menggunakan FB Ads, maka diperkirakan akan mendapatkan peningkatan penjualan dengan sendirinya sebesar 5% atau senilai Rp 12,500,000. Namun prediksi terbesar yaitu 95% perusahaan tidak akan mendapatkan peningkatan penjualan dengan sendirinya tanpa menggunakan FB Ads (0)

Expected Monetary Value :

Dasar Pengambilan Keputusan Pengambilan keputusan didasarkan pada nilai ekonomi yang diharapkan (tertinggi)

Formula EMV :

EMV = sigma (Probability x nilai payoff yang diharapkan)

EMVDISKON= (0.70 X Rp175.000.000) + (0.30 X Rp0) = Rp122,500,000

EMVTIDAKDISKON= (0.05 X Rp12.500.000) + (0.95 X Rp0) = Rp 625.000

Kesimpulan :

Dengan perkiraan konversi yang akan meningkat dengan menggunakan FB Ads, maka perusahaan perlu melakukan strategi periklanan dengan menggunakan FB Ads.

Dwina Apriyanti
0218123015
Manajemen Project
Dosen Pengampu : Iis Rostiawati

Print Friendly, PDF & Email